Dinas Koperasi Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Koperasi Denfarm

KARAWANG,- Dinas Koperasi Kabupaten Karawang memberikan sosialisasi penguatan kelembagaan koperasi Denfarm yang sudah terbentuk di lima Desa se-Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang.

Kepala Dinas Koperasi Karawang, Ade Sudiana, mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi penguatan kelembagaan koperasi Denfarm ini untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman tentang perkoperasian bagi para petani.

Dan koperasi dari 5 Desa ini semuanya sudah berbadan hukum.

"Kami akan terus memberikan pendampingan dalam artian pembinaan kepada para petani yang sudah tergabung dalam koperasi Denfarm ini. Mudah mudahan dengan adanya Denfarm ini, pendapatan para petani di kecamatan Jayakerta bisa meningkat," ujar Ade.

Ketua Tim Kelembagaan Denfarm, Sahyuti, menyampaikan, dari lima desa yang sudah membentuk koperasi tersebut yakni Desa Kampung sawah, Desa Ciptamarga, Desa Medangasem, Desa Jayamakmur dan Desa Jayakerta.

Dari ke lima koperasi ini semuanya berbeda bisnisnya dan dari satu koperasi ini fokus menjalankan satu bisnis.

"Koperasi merupakan salah satu terobosan dalam rangka pemberdayaan petani dalam pengembangan usaha yang dikelola oleh petani sendiri secara profesional disektor pertanian. Kita memberikan bantuan permodalan kepada setiap koperasi dengan berbentuk aset saja,"terangnya.

Sementara, Tim penyuluh Pusat Denfarm, Prima Luna menambahkan, kegiatan ini memang untuk penguatan kelembagaan, sebelumnya sempat terputus dari pembentukan koperasi itu tidak ada kegiatan dan setelah Covid ini baru yang pertama penguatan kelembagaan.

"Sebenarnya yang paling inti itu, Konsep kelembagaan Denfarm sendiri seperti apa?, jadi ke lima koperasi ini sudah tahu bahwa dengan koorporasi ini mimpinya pendapatan petani ini bisa meningkat hingga 100% berarti 2 kali lipat, dari 1,3 juta hingga kurang lebih 3 juta perbulannya. Itu yang mudah-mudahan bisa menarik petani mau berkoperasi jadi koorporasi ini sebenar benarnya ingin mensejahterakan petani,"tutupnya. (wins).

 

Tags:

Berita Terkait

Related News