Secapa AD Jadi Klaster Baru, Lebih Dari 200 Orang Terkonfirmasi Covid-19

BANDUNG,- Lebih dari 200 orang terkonfirmasi Covid-19 di kawasan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Jawa Barat, Berli Hamdani, mengungkapkan jumlah yang terpapar belum pasti, namun diperkirakan diatas 200 orang.

"Dengan jumlah sebanyak itu, kawasan Secapaad menjadi klaster baru penyebaran covid-19," kata Berli kepada wartawan di Gudang Bulog Jalan Gedebage Bandung, Rabu (8/7).

Menurut Berli, langkah yang dilakukan adalah melakukan isolasi di kawasan Secapaad. Sebagai antisipasi, tes masif akan dilakukan untuk memotong rantai penyebaran virus.

"Sebagian sudah dirujuk ke sejumlah rumah sakit yakni RS Dustira Kota Cimahi dan RSPAD Gatot Subroto Jakarta sesuai dengan kondisinya," ujar Berli.

Selain itu, tambah Berli, pihaknya akan melakukan disinfeksi di kawasan tersebut serta penelusuran epidemologis dari Dinkes Kota Bandung, Puskesmas dan tim GTPP Jabar.

"Sesuai arahan Pak Gubernur dalam rapat evaluasi gugus tugas selanjutnya akan kita lakukan masif tes, terhadap hampir 20-an lagi sekolah pendidikan kemiliteran yang ada di Provinsi Jabar," kata Berli.

Rencananya, GTPP Jabar juga akan melakukan tes masif dengan melakukan 10 ribu pemeriksaan.

"Pekan ini kita menyelesaikan semua klaster atau potensi terjadinya klaster penyebaran COVID-19 di Jabar," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News