Pengamat Pemilu Yakin Paslon ENAK Lolos Verfak KPU

KARAWANG - Semua warga negara yang berniat menyalonkan kepala daerah memiliki peluang yang sama dalam kontestasi pilkada, terlebih jika sudah memiliki pasangan. Salah satunya adalah pasangan calon (paslon) Endang-Askun (ENAK) yang sudah menyampaikan bukti dukungan sebagai calon independent dan sudah diterima KPU.

Menurut pengamat Pemilu, Adam Bachtiar, dengan diterimanya berkas dukungan Paslon ENAK maka pasangan tersebut sudah mampu memenuhi syarat administratif batas minimal dukungan yang belum tentu pihak lain mampu melakukannya.

Adam meyakini, data dukungan yang disampaikan oleh pasangan ENAK pada KPU merupakan data yang benar sesuai dengan ketentuan yang ada. "Oleh sebab itu, pasangan ini memiliki kesempatan yang besar untuk bisa bertarung dalam Pilkada Karawang," ujar Adam, Minggu (12/7).

Masih kata Adam, KPU Karawang dan jajarannya sebagai lembaga yang berwenang dalam melakukan verifikasi faktual (verfak) dukungan paslon ENAK harus mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan benar sesuai UU dan Peraturan lainnya. Begitu juga dengan Bawaslu dan jajarannya dalam hal pengawasan agar tidak terkena masalah pidana pemilu.

"Mengingat adanya sanksi pidana pemilu bagi penyelenggara yang tidak melaksanakan tugasnya dengan benar," pungkasnya. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News