DPRD Jabar Minta Pemda Optimalkan Penguatan Sektor Pangan

PURWAKARTA,- Pertanian merupakan salah satu sektor penghasil pangan yang sangat signifikan di masa pandemi covid-19. Penguatan sektor pertanian dapat mengatasi persoalan ekonomi masyarakat.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Fraksi PDI Perjuangan, Iis Turniasih, mengatakan untuk penguatan sektor pangan, Jawa Barat perlu bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat,

"Infrastruktur pertanian harus diperluas untuk mempermudah akses terhadap pelaku usaha menengah serta meningkatkan daya saing dan kepercayaan diri para petani," kata Iis.

Iis mengimbau agar Pemprov Jabar mengoptimalkan implementasi rencana aksi penguatan pangan nasional dengan penguatan koordinasi lintas SKPD dalam mengatasi permasalah pangan di masyarakat.

Ia juga berharap agar Pemprov Jabar mengoptimalkan pelaksanaan Perda Nomor 27 Tahun 2010 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

"Terpenting, pemerintah daerah jangan berikan izin perusahaan non pertanian untuk membangun perusahaan di wilayah pertanian produktif. Pemda juga wajib memfasilitasi pemasaran produk hasil tani," cetusnya.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran krisis pangan akibat pandemi Covid-19 Pemerintah Jawa Barat juga masif melaksanakan program ketahanan pangan Nasional di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Demi meningkatkan produksi sektor pertanian, Pemerintah wajib membuka lahan baru milik pemerintah agar bisa digarap oleh para petani. (adv)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News