Masih Ada Permasalahan Dalam PPDB 2020, Ineu Imbau Disdik Lakukan Persiapan Maksimal

SUMEDANG,- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Ineu Purwadewi Sundari mengungkapkan masih ditemui sejumlah prmasalahan saat PPDB tahun 2020.

Terlebih, sejak merebaknya pandemi covid-19, pendaftaran PPDB untuk tahun ajaran 2020/2021 melalui online/daring dan hasilnya pun disiarkan secara online.

"DPRD Jabar masih menemukan sejumlah permasalahan saat pelaksanaan PPDB yang dilakukan secara daring ini. Kedepan kami (DPRD Jabar) akan minta pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan agar lebih mempersiapkan semua kendala, baik teknis maupun non teknis. Salah satunya, dengan meningkatkan server website PPDB. Sehingga masyarakat mudah saat mendaftar," kata Ineu.

Ineu menilai, proses PPDB Online sejauh ini sudah dapat dikatakan sudah berjalan cukup baik. Hanya saja, kata Ineu, sejumlah orang tua siswa menyampaikan aspirasi diantaranya kesulitan saat masuk website PPDB saat mendaftar secara online.

"Bahkan cukup banyak orangtua terus menerus di depan komputer dari pagi sampai malam, agar mereka bisa mendaftarkan anaknya," ujarnya.

Ineu juga menyoroti transparansi dari Dinas Pendidikan Jawa Barat atau Kepala Cabang Dinas (KCD) agar lebih transparan dalam penerimaan siswa.

"Hal ini penting, agar tidak ada kecurigaan dimata masyarakat. Sehingga masyarakat memahami dan menerima atas keputusan yang ditetapkan oleh Panitia PPDB Online," bebernya.

Selain itu, Ineu juga mengapresiasi langkah Disdik Jabar dan KCD yang memberdayakan relawan untuk membantu orang tua calon peserta didik yang gagap teknologi (gaptek) atau tak paham internet.

"Iya, itu sangat membantu orang tua apalagi yang tak mengerti bagaimana menggunakan internet, khususnya dipelosok," tandasnya. (adv)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News