Jalan-jalan Ke Karawang, Ini 7 Makanan Yang Layak Dijadikan Oleh-oleh

KARAWANG,- Sebagai kota industri di Jawa Barat, Kabupaten Karawang memiliki beragam objek wisata yang tidak bisa Anda temukan di daerah lain.

Objek wisata, baik alam maupun buatan tersebar di wilayah Karawang. Sehingga, di musim liburan, Karawang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Selain mengunjungi objek wisata, Anda dapat melakukan wisata kuliner dengan mencicipi beragam makanan khas dari Karawang.

Makanan ini pun bisa menjadi salah satu alternatif sebagai oleh-oleh khas Karawang yang bisa Anda berikan untuk keluarga maupun teman dekat.

Oleh-oleh khas Karawang umumnya merupakan jajanan tradisional yang memiliki rasa unik dengan nuansa tradisional Sunda. Berikut merupakan daftar tujuh makanan khas Karawang yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan selepas berkunjung ke Kota Industri tersebut.

1. Kue Gonjing

Gonjing merupakan kue yang terbuat kelapa dan tepung dengan rasa yang manis karena diberi taburan gula diatasnya. Rasanya yang manis membuat kue gonjing banyak disukai masyarakat. Bagi Anda yang menyukai rasa pedas, disediakan pula pilihan saus yang dapat Anda nikmati bersama kue ini.

Kue Gonjing merupakan jajanan tradisional khas Karawang yang masih bisa Anda temukan dan nikmati. Harganya terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai gerai oleh-oleh Karawang.

2. Serabi Hijau

Serabi yang biasa ditemui umumnya berwarna putih, namun di Karawang, terdapat serabi warna hijau yang menjadi jajanan khas. Warnanya yang hijau dibuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia. Serabi hijau dimasak secara tradisional menggunakan arang.

Sebagai pelengkap, serabi hijau ditemani saus yang terbuat dari gula jawa. Rasa manis akan mendominasi cita rasa kue ini. Daun suji yang digunakan sebagai pewarna akan memberikan tambahan rasa unik yang tidak seperti rasa serabi pada umumnya.

3. Opak Ketan

Opak ketan ini berbentuk bulat dengan ketebalan medium. Akan habis dalam dua kali gigitan. Rasanya gurih dan renyah, cocok untuk menjadi oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama. Rawagede merupakan daerah penghasil camilan ini.

Terbuat dari ketan, opak ketan diolah melalui serangkaian proses yang cukup lama. Ketebalannya bervariasi tergantung pembuat, namun cita rasanya sama enaknya. Di Karawang, biasanya opak ketan dijual dalam keadaan matang sehingga lebih praktis dalam hal pembelian dan pengolahan.

4. Kue Semprong

Jika Anda mencari oleh-oleh jajanan yang dapat bertahan lama, maka sebaiknya Anda memilih kue semprong. Bentuknya lonjong seperti pipa dan bertekstur renyah. Rasanya tidak terlalu manis sehingga bagi Anda yang kurang menyukai manisan, cocok untuk menjadikan kue semprong sebagi oleh-oleh.

Kue ini terbuat dari gula pasir yang dicampur tepung beras dan bubuk kayu manis. Kemudian dicetak dalam cetakan yang berbentuk seperti pipa atau disebut semprong. Makanan ringan ini juga termasuk sebagai jajanan tradisional khas Karawang

5. Bolu Kijing

Kue ini disebut demikian karena bentuknya yang mirip dengan kijing, hewan sejenis kerang yang hidup di perairan air tawar. Dibuat tanpa bahan pengawet, bolu kijing merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu, vanili dan gula. Rasanya manis dengan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Kue ini hanya tahan selama tujuh hari dalam suhu ruang. Sehingga untuk Anda yang berniat membeli bolu kijing sebagai buah tangan, pastikan untuk segera menghabiskannya. Ini karena setelah tujuh hari, bolu kijing akan rusak sehingga tidak dapat dinikmati.

6. Kerupuk Bontot

Termasuk dalam makanan ringan, kerupuk bontot merupakan kerupuk setengah jadi yang terbuat dari tepung terigu dan udang yang telah dihaluskan. Walaupun berupa adonan setengah jadi, kerupuk ini merupakan oleh-oleh yang banyak diburu oleh wisatawan.

Jika Anda ingin mencoba resep lain, terdapat beberapa varian yang bisa Anda coba. Kerupuk bontot bisa dimasak dengan resep pribadi ataupun digoreng dengan minyak panas, yang kemudian dicocol saus. Kerupuk ini juga bisa Anda jadikan sebagai teman makan nasi.

7. Rengginang Ketan

Karawang memiliki rengginang ketan yang memiliki cita rasa yang khas. Bahan utamanya berupa beras ketan yang dikeringkan, kemudian digoreng. Camilan ini tahan cukup lama dalam masa penyimpanannya. Harganya yang terjangkau juga membuat rengginang ketan banyak dijadikan sebagai buah tangan khas Karawang.

Di Karawang, Anda bisa menjumpai rengginang hampir di seluruh gerai oleh-oleh. Umumnya dijual dalam dua pilihan, dalam bentuk jadi siap makan, atau dalam bentuk mentah yang kemudian dimasak sendiri. (Uya/dari berbagai sumber)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News