Disparbud Jabar Dorong Cupunagara Jadi Desa Wisata

BANDUNG,- Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat mendorong potensi Desa Cupunagara Kecamatan Cupunagara Kab. Subang sebagai Desa Wisata yang menjanjikan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik saat mengunjungi Desa Cupunagara Subang mengatakan, banyak potensi wisata yang dapat digali di lima dusun Desa Cupunagara.

Selain potensi wisata alam maupun agro ungkap Dedi, Desa Cupunagara mempunyai daya tarik wisata Heritage dengan rumah dan pabrik teh peninggalan Belanda.

Keindahan panaroma alam kebun teh, kopi hingga melihat matahari terbit, merupakan potensi yang cukup menjanjikan.

Dedi menegaskan, Desa Cupunagara merupakan embrio Desa Wisata. Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Subang, sudah menyiapkan beberapa program untuk mendukung Cupunagara sebagai Desa Wisata.

"Disini sudah ada beberapa program Pemprov jabar khususnya infrastruktur jalan kemudian juga ada program dari Pemkab Subang. Kelihatan disini potensinya bisa diangkat sebagai desa wisata. Kami melihat potensi disini ada beberapa situs, ada kebun teh, ada heritage peninggalan Belanda,"ungkap Dedi didampingi Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Iwan Supriatna saat meninjau Desa Cupunagara, Rabu, (5/8).

Dedi menambahkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah melakukan konektifitas infrastruktur (jalan). Ia berharap, infrastruktur penunjang itu, bisa tersambung hingga Kecamatan Cisalak Subang.

"Infrastruktur, Alhamdullilah Pemprov Jabar sudah melakukan konektifitas infrastrukturnya mudah-mudahan bisa tersambung sampai kecataman Cisalak. Sekarang jalannya harus melingkar dulu dari Subang ke Bandung Barat, baru ke Desa Cupunagara. Perjalanan hanya 45 menit dari kota Bandung,"paparnya.

Dedi juga menyatakan, masyarakat Cupunagara mendukung desanya dijadikan Desa Wisata.

"Potensi alamnya cukup menjanjikan. Bisa di coba, ada rumah Belanda, kebun teh, pabrik teh ada bukit yang bisa melihat matahari terbit, Panaroma alam yang indah. Potensinya juga diangkat dari novel karya Pidi Baiq,"tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Cupunagara Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang Wahidin Hidayat berharap, Cupunagara dapat menjadi Desa Wisata.

Ia juga meminta dukungan Provinsi Jabar maupun Pemkab Subang.

"Banyak potensi wisata yang dapat digali.Harapan kami melihat potensi yg dimiliki begitu luar biasa baik alam, agro, situs, curug, kebudayaan lokal seperti gembung. Ini sumber daya yang harus digali supaya bermanfaat,"tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News