Aneh Bin Ajaib, Warga RT 013 Malah Dicoklit KPU Di RT 03 Dan 04

KARAWANG - Tahapan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) pemutakhitan data pemilih dalam Pilkada Karawang 2020 telah berlangsung dengan baik. Satu persatu warga Karawang yang memiliki hak pilih didata dan masukan ke dalam data mutakhir KPU Karawang untuk selanjutnya ditetapkan dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Namun perjalanan coklit KPU tidak selalu mulus bak jalan tol. Pasalnya muncul sedikit demi sedikit temuan terkait coklit yang mulai bermunculan di masyarakat.

Salah satunya adalah temuan di Desa Linggarsari Kecamatan Telagasari. Dalam penelusuran diketahui bahwa warga RT 013 Dusun Linggarsari 1 malah dicoklit petugas dari KPU Karawang di RT 03 RW 01 dan RT 04 RW 02.

Salah satunya AR warga RT 013 RT 02 pemilik KK nomor 32151710100xxxxx yang dicoklit oleh petugas dari KPU Karawang dengan mengambil alamat di RT 03 RT 01.

Ketidaksinkronan alamat warga yang dicoklit oleh KPU Karawang ini tentunya menjadi tanda tanya besar karena hal ini menyangkut dengan alamat pasti dari warga RT 013 yang harusnya diakui oleh negara.

Untuk mencoba mengetahui lebih jauh, portaljabar.net mencoba mengkonfirmasi salah satu anggota PPS (Panitia Pemilihan Sementara) Desa Linggarsari selaku kepanjangan tangan KPU Karawang. Menurut salah satu anggota PPS Linggarsari yang meminta namanya dirahasiakan menjelaskan bahwa hanya 12 RT dari 4 RW di Desa Linggarsari yang dilakukan coklit pemutakhiran data pemilih.

"Yang dicoklit oleh kami hanya 12 RT dari 4 RW. Karena untuk data pemilih datangnya dari KPU," ujarnya, Kamis (6/8).

Lanjutnya, untuk warga RT 013 tetap dicoklit namun dimasukan coklitnya ke RT 03 dan 04. Hal ini katanya dilakukan sesuai dengan arahan dari PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Telagasari.

"Kalau saya sesuai data pemilih aja, saya sudah komitmen dengan PPK sudah saja (coklit) sesuai data pemilih," jelasnya.

Sambungnya, hal ini terjadi karena Kartu Keluarga untuk warga RT 013 baru diterbitkan pada tanggal 19 bulan Mei 2020 jauh sesudah data dari KPU Karawang siap untuk dimutakhirkan. (Uya)

Tags:

Berita Terkait

Related News