8 Tahun Saluran Sungai Macan Dusun Mekarjaya Dangkal, Petani Padi Minta Normalisasi

KARAWANG - Jelang musim tanam, Petani Dusun Mekarjaya Desa Tanjungpakis Kecamatan Pakisjaya keluhkan saluran sungai macan yang sudah 8 tahun belum dilakukan pengerukan. Senin (10/8).

Diketahui, saluran sungai macan yang panjangnya kurang lebih 2500 meter kondisinya saat ini mengalami kekeringan. Sedangkan, lahan persawahan yang terdampak diwilayah tersebut kurang lebih 50 hektar, bahkan petani yang sudah menanam bibit padinya juga kekeringan.

Salah seorang petani, Sumantri (45) warga Dusun Mekarjaya mengatakan, "Petani disini belum bisa menggarap lahan sawah untuk menanam padi, karena airnya tidak ada di saluran pembuangan Sungai Macan, Kami sudah memberikan proposal ke Dinas PUPR Karawang untuk melakukan pengerukan di Saluran Sungai Macan yang berada di Dusun Mekarjaya, namun sampai saat ini belum terealisasi, saluran tersebut sangat dangkal sudah seharusnya diadakan pengerukan."

Abah Minin (65) membenarkan bahwa saluran air pembuangan Sungai Macan sudah sangat dangkal sehingga pihak Dinas PUPR harus segera melaksanakan pengerukan agar petani dapat melakukan aktipitas disawah sesuai dengan program pemerintah dalam kegiatan percepatan tanam.

Sementara, Mahruf, anggota BPD Dusun Mekarjaya mengharapkan pengerukan saluran air Sungai Macan Harus secepatnya karena sudah 8 tahun belum dikeruk lagi sehingga saluran sungai Macan sangat dangkal, agar petani dapat menanam sesuai anjuran pemerintah. (win's)

Tags:

Berita Terkait

Related News