Sasar Tempat Ibadah, Tim Velox Sosialisasi AKB Di Ponpes Nurul Huda

PORTALJABAR,- Guna menekan penyebaran Covid-19, Badan Intelijen Negara melakukan penyemprotan disinfektan di Pondok Pesantren Nurul Huda, Jalan Rancabentang, Ciumbuleuit, Kota Bandung, Selasa (15/9).

Selain itu, BIN melalui Tim D Velox Pejaten, juga melakukan sosialisasi mengenai adaptasi kebiasaan baru (AKB), pembagian masker dan cairan penyanitasi tangan kepada para santri di tempat tersebut.

Berdasarkan pantauan, seluruh sudut pesantren tak luput dari penyemprotan disinfektan.

Dari masjid yang terletak di dalam pesantren, kelas hingga dapur disemprot oleh cairan tersebut.

Juru Bicara Tim D Velox Pejaten, Ichsan, menerangkan, kegiatan ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011, BIN bertugas melakukan deteksi dini dan cegah dini berbagai ancaman, termasuk pandemi Covid-19, maupun wabah lainnya yang dianggap dapat mengancam kehidupan dan eksistensi bangsa Indonesia. 

“BIN melalui Tim Velox Pejaten, terus melakukan berbagai aksi nyata dalam rangka melaksanakan deteksi dini dan cegah dini, serta upaya dekontaminasi,” jelasnya. 

Pemilihan pondok pesantren dikarenakan menjadi tempat berkumpul banyak orang, yang bis berpotensi menyebarkan virus corona baru.

Namun, dia menekankan, tak hanya pondok pesantren yang menjadi sasaran pihaknya.

“Untuk kegiatan sosialisasi, edukasi dan dekontaminasi, telah kita laksanakan di beberapa tempat, seperti masjid, gereja, pura, dan vihara. Fasilitas-fasilitas umum seperti pasar, stasiun, halte, dan terminal. Dan fasilitas-fasilitas sosial lain seperti panti asuhan maupun yayasan sosial,” terangnya. 

Sementara itu, Rois Ponpes Nurul Huda, Ahmad Tobari, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Velox Pejaten.

Hal ini, kata dia, bisa memberikan pemahaman terhadap para santri mengenai bahayanya Covid-19.

"Kita pun tetap menerapkan protokol kesehatan selama ini. Santriwan dan santriwati selalu kita wajibkan untuk mencuci tangan, serta menjaga kebersihan,” tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News