Utamakan Kualitas, Pelaksanaan Pembangunan RPS SMKN I Batujaya Dikerjakan Dengan Swakelola

PORTALJABAR - Pelaksanaan Pembangunan Ruang Praktek Siswa (RPS) SMKN I Batujaya yang berlokasi di Desa Karyamakmur Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang yang dibiayai dari bantuan DAK tahun 2020 sebesar Rp 840.440.000, dikerjakan dengan swakelola.

Diketahui, RPS Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN Batujaya dibangun di atas lahan milik SMKN Batujaya seluas 10.024 m2.
Pembangunan dilakukan secara swakelola dengan masa kerja 120 hari, Luas bangunan RPS 330 m2 dengan Panjang 30m, lebar 11m dan luas bersih 270 m2. Isi bangunan terdiri dari 1 ruang instruktur, 1 ruang alat dan tempat praktik siswa.

Kepala SMKN I Batujaya, H Rosli menyampaikan dalam rangka menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang profesional yang handal sehingga bisa bersaing dengan SMK lain di Indonesia. Kami terus berupaya untuk meningkatkan manajemen pengelolaan pendidikan disemua kompetensi keahlian yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Elektronika Industri, Teknik Sepeda Motor(TSM).

"Saat ini, SMK Negeri Batujaya baru memiliki 6 ruang kelas dan 3 ruang praktek sehingga masih terbatas dalam kuota penerimaan peserta didik baru Program Pengembangan," ujar Kepsek pada portaljabar.net, Sabtu (20/9).

Menurutnya, disamping Pembangunan Ruang Praktek Siswa (RPS), juga akan melaksanakan Program sebagai berikut :

1. Peningkatan kompetensi guru agar liner dengan tugas mengajarnya
2. Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan melalui magang
3. Pengembangan Ekstrakurikuler dengan adanya ekstrakulikuler English Club dan Seni
4. Pengembangan IT dalam pembelajaran
5. Sertifikasi kompetensi tamatan
6. Penelusuran tamatan
7. Pengembangan sarana dan prasarana atau peralatan praktek kejuruan
8. Kerjasama Hubungan Industri untuk praktek kerja dan rekrutmen calon tenaga kerja
9. Penataan lingkungan sekolah dengan penghijauan dan taman kelas.

"Mudah-mudahan, dalam pelaksanaan pembangunannya berjalan dengan lancar hingga selesai. Sehingga, terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasaran praktek siswa, khususnya untuk TKRO. Dapat menjadi kebanggaan masyarakat Batujaya dan dapat menjadi SMK yang berkualitas dan bermutu serta dapat berkompetisi dengan SMK lain," pungkasnya. (win's)

Tags:

Berita Terkait

Related News