Air Meluap, Tanggul Irigasi Desa Kampungsawah -Jayakerta Jebol

PORTALJABAR,- Aparatur Desa Kampungsawah Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang bergotong royong membuat penahan sementara tanggul Irigasi yang jebol yang diakibatkan air yang meluap.

Kegiatan langsung dipimpin oleh kepala desa Kampungsawah, Adi Kurniadi. Untuk Penanganan pencegahan sementara Pemdes dan PJT 2 Medangasem menggunakan bambu untuk penahan dan tanah yang dimasukkan kedalam karung ditumpuk hingga dibuat seperti tanggul.

Kepala Desa Kampungsawah, Adi Kurniadi mengatakan, peristiwa jebolnya tanggul saluran irigasi sepanjang 25 meter tersebut diakibatkan air irigasi yang meluap hingga limpas ke tanggul dan mengikis tanggul.

"Kami bersama sama membuat tanggul sementara dengan menumpuk karung yang di isi oleh tanah dan sebagai penahanannya bambu bambu yang dibuat krucuk, mudah mudahan tanggul sementara ini bisa menahan hingga tanggul diperbaiki oleh Pemerintah," ujar Adi pada portaljabar.net, Jumat (25/9).

Menurutnya, pengaturan air sangat penting untuk para petani, ada saatnya air itu butuhkan dan ada saatnya pula air tidak dibutuhkan oleh tanaman padi.

Jika air tidak bisa di atur dan terus meluap dengan limpasan air atau air yang mengalir melalui celah celah kebocoran pada tanggul tersebut, bagaimana mengaturnya, apalagi jika air sedang tidak dibutuhkan oleh petani.

"Kami berharap kepada dinas instansi terkait untuk segera memperbaiki TPT yang sudah rusak secara permanen dan dilakukan normalisasi secara rutin guna  meminimalisir timbunan lumpur," pungkasnya. (win's)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News