Terapkan 3M, Lapas Banceuy Zero Covid-19

PORTALJABAR,- Covid-19 sudah masuk ke hampir seluruh kehidupan masyarakat, termasuk keluarga. Bahkan, lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan tak luput dari paparan virus tersebut.

Disinggung mengenai adanya klaster lapas maupun rutan, Kepala Lapas Kelas IIA Banceuy Tri Saptono Sambudji memastikan jika protokol kesehatan ketat sangat diterapkan di tempat yang dia pimpin.

“Kami betul-betul lakukan SOP (standar operasional prosedur) terkait Covid-19, dan hingga kini belum ada (yang terpapar Covid-19),” ujar Tri, Lapas Kelas IIA Banceuy, Kota Bandung.

Dia mengklaim, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat, untuk melakukan tes usap (swab test)  kepada seluruh petugas yang ada di lapas tersebut.

Hal ini dilakukan mengingat mobilitas petugas yang tidak selalu berada di dalam lapas khusus terpidana narkotika itu.

“Yang kita khawatirkan itu kan arus lalu lintas petugas yang selalu keluar masuk. Kalau pengunjung kan belum boleh datang dahulu,” cetusnya.

Tri pun menekankan, protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker sangat diterapkan di tempat tersebut. Petugas lapas saat datang bakal diukur suhu tubuhnya, kemudian mencuci tangan di tempat yang sudah disiapkan.

“Kalau untuk warga binaan, mereka diminta untuk menjaga kesehatan, dan saat berkomunikasi dengan petugas harus menggunakan masker. Untuk kunjungan belum, baru melewati video call (panggilan video) saja,” pungkasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News