Jelang Akhir Masa Jabatan Kades Medankarya, Inspektorat Laksanakan Riksus AMJ

PORTALJABAR - Pemeriksaan Khusus (Riksus) serentak di 177 Desa yang akan berakhir Masa Jabatannya pada tahun 2021, Tim Inspektorat Kabupaten Karawang yang dipimpin Anggota Irban I Deni Rahmat N laksanakan Riksus AMJ di Desa Medankarya Kecamatan Tirtajaya.

"Hari ini kami mendapat tugas untuk melakukan pemeriksaan khusus (Riksus) terhadap pemdes MedanKarya karena kepala desa tersebut akan berakhir masa jabatannya pada bulan Maret tahun 2021 ini,” ungkap Deni Rakhmat N, Anggota tim Urban I, pada portaljabar.net.

Lebih lanjut, Deni Rakhmat menyampaikan pihaknya akan melakukan pemeriksaan khusus enam bulan menjelang akan berakhirnya masa jabatan pemerintahan desa, sedangkan yang akan diperiksa oleh inspektorat Kabupaten ada 2 Aspek, yaitu Aspek Aset dan Aspek Keuangan.

"Adapun yang akan kami periksa adalah Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil (DBH), Bantuan Gubernur (BanGub), dan Dana Desa ( DD ). Karena tidak hanya SPJ, Fisik pun Harus kita cek," jelas Deni.

Pihaknya, kata dia, fokus pada pemeriksaan khusus untuk SPJ tahun 2019-2020. Karena, katanya, empat tahun sebelumnya sudah diperiksa dan hanya diberikan waktu satu hari untuk satu desa.

"Hingga Desember 2020 itu, Kepala desa harus tidak punya hutang SPJ. Kalau memang dirinya mau mencalonkan diri lagi (incumben)," tandasnya.

Sementara, Ketua BPD Medan Karya H.Tarsim Jeffriana, mengatakan, intinya dalam riksus lembaga BPD ikut andil dalam setiap kegiatan pemdes dan ketransfaranan dari kades baik informasi anggaran secara administrasi dan perjalanan pembangunan fisik.

"Dalam kepemimpinan Kades NurHali selalu kondusifitas di desa tidak memilah memilih sesuai tufoksi, monitirong di lapangan dan ada verfikasi sebelumnya pada BPD sesuai apa yang di sampaikan ke team riksus insfektorat tadi," jelasnya. (win's)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News