Satu Tahun Pemerintahan Jokowi -Ma'ruf Dinilai Sukses Lahirkan Entrepreneur Baru

PORTALJABAR,- Pemerintahan Joko Widodo- Ma'ruf Amin dinilai telah banyak menghasilkan entrepreneur muda serta creator baru yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bidang Koperasi Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Mustopa Djamaludin dalam webinar "Meneropong Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Bidang Ekonomi Kerakyatan" di Hotel Aryadutha Jalan Aceh Bandung, Jumat (30/10).

"Adanya kebijakan menggulirkan bantuan setiap tahun memberikan nilai yang fundamental bagi penumbuhan ekonomi," kata Mustopa.

Menurunya dukungan dari pemerintah dalam fasilitas perijinan dan sarana prasarana juga telah meningkatkan efisiensi masyarakat.

Ia mengatakan, meski pandemi namun hingga saat ini tak ada kekurangan beras dan harganya cukup stabil.

Roda ekonomi, kata dia, terus berputar meskipun ada hambatan, seperti mobilisasi masyarakat, namun UKM tidak stagnan, tetap stabil meski belum maksimal.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada presiden dan wakil presiden, atas langkah dan pendampingan yang sudah dilakukan," tuturnya.

Mustopa mengatakan, Paguyuban Pasundan juga memiliki konsen di bidang budaya, pendidikan dan ekonomi.

"Bagaimana pendidikan bisa berjalan, serta bagaimana pendidikan bisa menopang ekonomi dan budaya yang dapat dilakukan secara berkesinambungan, berproses, sehingga bisa mempermudah UKM," terangnya.

Mustopa menambahkan bahwa Paguyuban Pasundan hadir untuk membina, menyediakan pusat pengembangan usaha salah satunya adalah dengan mendirikan koperasi.

:Koperasi Paguyuban Pasundan mendistribuksikan anggota secara proposional untuk melakukan inovasi dan kreasi di agar bisa menerobos persaingan yang ketat baik dalam segi kualitas maupun kuantitas," tandasnya.

Dalam webinar tersebut hadir juga narasumber Prof Rully Indrawan Sekretaris Kementerian KUKM serta Arif Budimantara Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi serta Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan TB Hasanuddin. (nie/*). 

Tags:

Berita Terkait

Related News