TB Hasanuddin Ingatkan Pengurus Koperasi Harus Jujur Dan Ulet

PORTALJABAR,- Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan TB Hasanuddin mengingatkan para pengurus koperasi agar memiliki sifat jujur dan ulet.

Menurutnya dengan kejujuran dan keuletan yang dimiliki oleh pengurus, maka koperasi yang dikelola akan bertumbuh dan berkembang semakin besar.

"Pengurus tidak boleh memperkaya diri jadi harus berdasar kejujuran karena ini untuk kesejahteraan bersama," kata Hasanuddin saat membuka Pelatihan Koperasi dan UKM kerjasama Paguyuban Pasundan dan Kementerian Koperasi di Hotel Aryadutha Bandung, Jumat (30/10).

Ia mengatakan misi Paguyuban Pasundan adalah memerangi kebodohan dan kemiskinan.

Di Jawa Barat masih banyak warga tidak mampu, Paguyuban Pasundan mencoba mengangkat harkar dan martabat orang Sunda melalui Koperasi.

Menurutnya, koperasi dan UMKM terbukti mampu bertahan dalam segala kondisi.

Salah satu contohnya, kata dia, pada tahun 1998 saat Indonesia dilanda krisis moneter dan dunia industri hancur, hanya UKM lah yang mampu bertahan.

"Cara untuk membangun skala usaha dan meningkatkan daya saing produk UMKM adalah dengan berkoperasi," tuturnya.

Saat ini, kata Hasanuddin, Koperasi Paguyuban Pasundan telah berdiri di 6 kota kabupaten di Jabar yakni Majalengka, Kab Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Cirebon, Cianjur dan Sumedang.

Selain itu, untuk mengantisipasi gempuran minimarket di perkampungan, Hasanuddin menawarkan kepada koperasi untuk mengelola Pasundan Mart.

"Silakan bila ada yang ingin membuka Pasundan Mart asal memiliki lahan nanti kita survey. Saya yang akan memberikan modal," tandas anggota Komisi I DPR RI ini. (nie/*)   

Tags:

Berita Terkait

Related News