Reses, Anggota DPR RI Muhammad Farhan Sambangi Kelurahan Babakan Ciparay

PORTALJABAR,- Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem Muhammad Farhan berkesempatan melaksanakan kegiatan reses terakhir di Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Anggotra Komisi I ini melakukan reses sejak minggu pertama 13 - 16 Oktober dan minggu kedua 20 - 22 Oktober 2020.

Titik yang dikunjungi Muhammad Farhan di antaranya, Kecamatan Sukajadi, Komplek Puri Cipageran, LPM Sindang Jaya, Isola, Mekar Jaya dan Babakan Ciparay.

Kemudian Baros, Hegarmanah, Ciateul, Pasirluyu, Ciroyom, Ciumbuleuit, Binhar, Maleer, Melong, Padasuka, Utama, dan Leuwigajah.

"Dalam kunjungan ke Kelurahan Babakan Ciparay, ada tiga RW yang kita sentuh atas arahan dari Anggota DPRD Kota Bandung Heri Hermawan," kata Farhan.

Ia mengatakan, di wilayah Babakan Ciparay pihaknya memberikan bantuan kelembagaan untuk kepemudaan. Selain itu, Farhan juga menyerahkan bantuan kelembagaan untuk PAUD, serta ikut 'rereongan' untuk renovasi rumah tidak layak huni.

"Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan moril yang luar biasa dari Ketua RW, Lurah, dan Sekretaris Camat, sehingga kami bisa memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat," kata Farhan yang dalam kegiatan resesnya selalu didampingi anggota DPRD Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Menurutnya, kegiatan ini tidak terlepas dari kerjasama para Pengurus Cabang Nasdem.

Sebelumnya, Farhan sempat berkeliling ke beberapa Kelurahan di Cimahi dan memberikan bantuan untuk pengembangan kelembagaan di Perumahan khususnya infrastruktur, terutama untuk pengadaan sibel dan biaya untuk pengeboran air sumur air dangkal

"Kemudian ada pengembangan program kepemudaan, di mana ada sekelompok Pemuda Pekerja Sosial yang memang kemudian melakukan pendataan penerima program-program pemerintah, dengan melakukan program digitalisasi data," kata  Farhan.

Ia menambahkan, pihaknya juga membantu program kelembagaan di Cimahi untuk para peternak dan kawasan pertanian perkotaan.

Ia mengaku ada beberapa kendala untuk pengembangan program yang menyangkut lahan, baik untuk PAUD, peternakan, dan pertanian kota karena selalu menghadapai masalah dengan status lahan.

Karena, menurut Farhan, tidak mudah untuk mendapatkan lahan, dan lahan yang ada kadang-kadang status dan administrasinya bermasalah

"Maka catatan saya adalah saya nanti bisa membawa hal ini untuk di bawa dalam Rapat Fraksi di DPR RI, agar lebih memperhatikan lagi bagaimana penyelesaian dari status-status tanah yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya, tetapi seharusnya bisa memberikan manfaat lebih untuk masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut kata Farhan, masalah status kepemilikan tanah adalah masalah klasik di seluruh wilayah. Bahkan, kata dia, di wilayah Babakan Ciparay salah satu yang paling padat di kota Bandung, bahkan di Indonesia, masih memiliki lahan atau tidak.

"Tapi kita mengerti kesulitan yang di alami Pemerintah Daerah," imbuhnya.

Farhan menegaskan dalam setiap kegiatan reses dirinya selalu menerapkan protokol kesehatan, dan membagikan masker untuk masyarakat yang dikunjungi.

"Pastinya jangan lupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," pungkasnya. (nie/*)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News