Kabupaten Pangandaran Layak Jadi Percontohan DOB

PORTALJABAR,- Ketua Komisi I DPRD Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan Bedi Budiman menilai Pangandaran layak menjadi percontohan atau role model bagi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Menurutnya, Kabupaten Pangandaran berhasil membangun sejumlah infrastruktur dengan memprioritaskan pelayanan publik.

"Sebagai Ketua Komisi I yang membidangi pemerintahan saya berharap Pangandaran menjadi contoh atau role model bagi daerah yang akan mekar atau Daerah Otonomi Baru (DOB)," kata Bedi.

Menurut Bedi, sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran tentunya harus membangun sejumlah infrastruktur.

Pada periode pertama kepemimpinan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mendahulukan membangunan infrastruktur jalan,fasilitas kesehatan, pendidikan, serta pelayanan umum ketimbang fasilitas perkantoran.

"Pangandaran kini sudah memiliki Puskesmas yang fasilitasnya sangat bagus, rumah sakit, kawasan wisata dibenahi ini yang menjadi faktor kunci sukses kepemimpinan Bupati Pangandaran," tuturnya.

Ia menambahkan, Bupati Jeje menunda kenikmatan berkantor di gedung mewah bahkan ia hanya menumpang di kantor kecamatan.

Bedi mengatakan strategi Bupati Pangandaran dengan mendahulukan membangun fasilitas umum terbukti berhasil.

"Hasilnya, tingkat kepuasan dan kesejahteraan masyarakat Pangandaran meningkat," kata Bedi.

Bahkan, imbuh dia, pendapatan Kabupaten Pangandaran yang notabene daerah pemekaran baru, surplus sehingga dapat memberikan subsidi ke Pemerintah Provinsi Jabar.

Bedi menyebut, saat ini Pangandaran menjadi tumpuan harapan pertumbuhan regional dari daerah sekitarnya. Pangandaran memiliki status pusat kegiatan wilayah dan tata ruang.

"Lain halnya dengan bila yang didahulukan sarana pemerintahan atau perkantoran, dampaknya akan terjadi keterlambatan dalam pelayanan langsung ke masyarakat. Bahkan, berkonsekuensi membengkaknya biaya perawatan dan alokasi anggaran jadi terbagi," pungkas anggota DPRD dari daerah pemilihan 13 (Ciamis - Banjar - Pangandaran - Kuningan) ini. (adv)

Tags:

Berita Terkait

Related News