Jelang Pilkades 2021, Pemdes Ciptamarga Jalani Riksus AMJ

PORTALJABAR,- Jelang akhir masa jabatan Kepala Desa Ciptamarga Kecamatan Jayakerta, tim inspektorat Kabupaten Karawang laksanakan Pemeriksaan Khusus (Riksus) Akhir Masa Jabatan (AMJ).

Riksus dipimpin langsung oleh wakil ketua Irban IV, Feri Irwanto.

"Pada Riksus AMJ ini ada 2 aspek yang akan dilakukan pemeriksaan yakni Aspek Keuangan dan aspek Aset meliputi Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil (DBH), Bantuan Gubernur (BanGub) dan Dana Desa (DD)," ujar tim inspektorat Karawang.

Pihaknya,  kata dia, fokus pada Pemeriksaan Khusus untuk SPJ tahun 2019 - 2020 yang empat tahun sebelumnya sudah diperiksa. Ia mengaku hanya diberi satu hari untuk satu desa untuk Riksus ini.

"Untuk Riksus AMJ serentak di 177 desa yang akan berakhir masa Jabatannya pada tahun 2021, Karena Desember itu Kepala desa Harus tidak Punya Hutang SPJ Kalau memang mau mencalonkan diri kembali (Incumben)," tegasnya.

Sementara Ketua BPD Ciptamarga, Junaedi, sangat mengapresiasi tim inspektorat kabupaten Karawang yang hari ini melakukan pemeriksaan.
Pihaknya juga sangat mengapresiasi Kepala Desa Ciptamarga, Cecep Hambali yang selama bertugas dapat melaksanakannya dengan baik.

"Alhamdulilah, untuk Desa Ciptamarga acara Riksus berjalan baik, walaupun ada catatan perbaikan. Dari semua aset juga inventaris desa harap di jaga betul betul dengan baik menjelang dan setelah Pilkades, dikarenakan ada diantara desa sebelum dan sesudah Pilkades ada aset desa yang dirusak bahkan hilang, itulah arahan dan amanat inspektorat dalam pelaksanaan Riksus," tutupnya. (win's)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News