Bea Cukai Bandung Musnahkan 2 Juta Rokok Ilegal Dan Sex Toy

PORTALJABAR,- Bea Cukai Bandung musnahkan dua juta batang rokok, sex toy, anak panah hingga ratusan botol minuman keras ilegal.

Barang-barang ini merupakan hasil penindakan Bea Cukai Bandung selama Tahun 2020.

"Hari ini kita musnahkan barang-barang di tahun 2020 ini. Barang-barang yang paling banyak adalah rokok ilegal sejumlah dua juta batang, kebanyakan kita tangkap dari jasa titipan." kata Kepala Bea Cukai Bandung Dwiyono Widodo usai pemusnahan di Kantor Bea Cukai Bandung, Rabu (25/11).

Menurut dia, modus pembelian secara online saat ini menyasar rokok tanpa pita atau polos dan yang pitanya salah peruntukannya.

Widodo mengurai, rokok-rokok ilegal sendiri berasal dari berbagai daerah. Namun kebanyakan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Kebanyakan berasal dari Jawa Timur ada juga dari Jawa Tengah," ucapnya.

Widodo menambahkan, rorok ini merupakan hasil home industri, sehingga harganya murah.

"Mereknya aneh-aneh, harganya juga murah. Contohnya ada rokok merk Antartika kemasannya mirip rokok Sampurna. Ada yang pakai pta, tapi palsu," tambahnya.

Widodo menegaskan akibat kejadian ini, negara dirugikan miliaran rupiah.

"Keseluruhan barang ini Rp 2.182.014.320 dan kerugian negara Rp 1.766.53.730," ujarnya.

Menurutnya, pemusnahan barang hasil penindakan ini tak hanya di Kantor Bea Cukai Bandung, tapi juga dilakukan diseluruh kantor Bea Cukai di Jawa Barat.

Pengungkapan ini, kata dia, berkat kerjasama berbagai pihak, salah satunya jasa pengiriman barang yang ada di Bandung.

"Kita lakukan kerjasama dengan jasa titipan, termasuk PT Pos, K-Logistic, TIKI, JNE dan lainnya. Kita periksa paket-paket yang kita curigai," tandasnya. (nie/*)    

Tags:

Berita Terkait

Related News