Libur Panjang Desember 2020 Terancam Dikurangi, Satgas Covid-19 Jabar Tetap Waspada

PORTALJABAR, BANDUNG - Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan Presiden RI Joko Widodo meminta adanya pengurangan libur dan cuti bersama akhir tahun.

Meski demikian, Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat tetap melakukan antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada masa tersebut.

Ketua Umum Komite Kebijakan Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat terkait hal tersebut pada Rabu, 25 November 2020 ini. Sementara itu, saat ini juga pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI maupun Polda Jabar untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Di pagi hari ini saya melaksanakan sebuah apel sinergitas TNI Polri dan aparat pemerintah daerah provinsi Jabar dalam menghadapi tiga urusan, urusan pertama adalah peningkatan penanggulangan Covid di berbagai daerah wilayah Jabar dan Kodam Siliwangi dan keduanya awal Desember akan hadir pilkada serentak. Yang ketiganya adalah akan hadirnya libur panjang yang dalam kesempatan terakhir memiliki dinamika peningkatan kasus,”ujar dia pada wartawan di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa, 24 November 2020.

Menurut dia, pihaknya akan melakukan rapat Rabu ini. Dia pastikan untuk penanganan libur panjang itu ada rentang waktu tertentu untuk penanganan.

Terpisah Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jabar, Daud Achmad mengatakan, pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait libur panjang di akhir tahun 2020 ini.

Muhadjir mengatakan Presiden memerintahkan agar segera dilakukan rapat koordinasi yang dilaksanakan Kemenko PMK dengan kementerian/lembaga terkait untuk membahas libur dan cuti bersama akhir tahun serta pengganti libur cuti bersama Idul Fitri ini.

Adapun rapat terbatas tersebut diselenggarakan untuk mengevaluasi penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam ratas itu Presiden menyampaikan bahwa indikator penanganan Covid-19 di Tanah Air relatif positif dibandingkan indikator penanganan global.

Muhadjir menyampaikan arahan Presiden agar indikator tersebut dipertahankan dan diupayakan semakin baik.

Presiden juga berpesan agar Mendagri, Polri dan seluruh jajaran memberikan perhatian khusus dalam masalah pilkada yang akan berlangsung kurang dari dua pekan ke depan.

Tags:

Berita Terkait

Related News