Warga Desa Jatimulya Kecewa, Keluarkan Biaya Hingga Jutaan Rupiah 2 Tahun Sertifikat Tanahnya Tidak Jadi

PORTALJABAR - Viral di media sosial, pengakuan salah seorang warga Desa Jatimulya Kecamatan Pedes yang di mintai uang biaya pembuatan sertifikat hingga jutaan rupiah diduga oleh oknum kepala Desa setempat. Namun, sayangnya sudah 2 tahun sertifikat tersebut tidak kunjung selesai, hingga saat ini.

Disampaikan oleh H. Toha, warga Desa Jatimulya Kecamatan Pedes, terkait pernyataan dalam video yang diunggah di media sosial tersebut perihal adanya biaya pembuatan sertifikat sebesar Rp 6. 000.000 yang diminta oleh kepala desa Jatimulya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga : KPU Karawang Kekurangan Surat Suara Pilkada

"Untuk biaya pembuatan sertifikat itu, saya sudah membayarnya secara langsung kepada Kepala Desa dua tahun lalu. Saya sangat kecewa, karena hingga saat ini sertifikat yang dijanjikan paling lambatnya 15 hari dan paling cepat satu minggu nyatanya hingga saat ini belum juga jadi," cetus H. Toha.

Lanjutnya, seringkali menanyakan hal ini baik ke kepala desa maupun ke aparatnya namun tidak pernah ada jawaban yang jelas, hanya janji-janji saja dan dengan dalih sedang diurus.

"Jelas saya sangat jengkel, karena berkas berikut uang sudah diambil. Namun, sertifikat hingga saat ini tidak ada kejelasan kapan selesainya," kesalnya.

Dilain tempat, masih dikatakan warga Desa Jatimulya, Mansur, membenarkan adanya pembuatan sertifikat dan AJB sejak tahun 2018 warga desa Jatimulya yang hendak membuat sertifikat tanah juga AJB sebagai bukti surat kepemilikan tanah sampai saat belum ada kejelasan atau belum jadi surat tanahnya. Padahal, warga sudah menyerahkan berkas berikut uangnya kepada oknum aparatur Desa.

"Untuk pembuatan sertifikat dan AJB, warga diminta biaya yang sangat fantastis dan bervariatif dari mulai Rp 2 juta, 4 juta, 6 juta dan 7 juta per bidang tanah/per buku AJB. Namun, yang sangat disayangkan berkas berikut uang untuk biaya pembuatan sertifikat atau AJB tersebut sudah langsung diambil oleh saudara Endang, selaku Kasipem desa Jatimulya dengan bukti kwitansi," jelasnya.

Baca Juga : Pilbup Karawang, Pemuda Milenial Kecamatan Tirtajaya Dukung Cellica - Aep

Sementara, Kepala Desa Jatimulya, Sardani Adimarsidi (Dani Bule) dan Kasipem Desa Jatimulya Endang, hingga berita ini diterbitkan belum dapat dimintai keterangannya. (win's)

Tags:

Berita Terkait

Related News