Uu: Terdampak Pandemi, Pengangguran Di Tiga Daerah Ini Naik 30%

PORTALJABAR,- Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengklaim saat ini perekonomian Jabar berada di angka 2 persen lebih.

Perekonomian ini terdongkrak dari sektor industri yang menyumbang angka 40 persen.

“Karena sebelum pandemi, peningkatan perekonomian kita 5,8 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Dan saat pandemi, ekonomi kita terjun bebas ke -5 persen. Memang yang membuat vakumnya ekonomi kita adalah PSBB (pembatasan sosial berskala besar)," kata Wakil Gubernur Jabar usai rapat koordinasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar ini di Mapolda Jabar Jalan Soekarno Hatta Bandung, Senin (30/11).

Ia menambahkan, pergerakan ekonomi Jawa Barat 40 persen ada di industri, dan 28 persen dari ekspor nasional berasal dari Jawa Barat.

Meski begitu, kata Uu, angka pengangguran di Jabar mengalami peningkatan ditengah pandemi Covid-19, yakni sekitar 30 persen.

Beberapa daerah yang menyumbang angka pengangguran tertinggi, yakni Cimahi, Depok, dan Bogor.

“Daerah-daerah tersebut dianggap penyumbang terbesar dalam pengangguran, karena mungkin ekonominya sedikit menurun, sehingga ada beberapa (perusahaan) yang melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja)," tandasnya. (nie/*)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News