Hindari Klaster Pilkada, Ada Wacana Lakukan Tes Untuk Warga Di TPS

PORTALJABAR,- Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan ada wacana melakukan tes bagi warga yang bakal mencoblos saat Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 di delapan kabupaten/kota, 9 Desember mendatang.

Hal ini dilakukan guna menghindari adanya klaster baru serta adanya kekhawatiran meningkatnya penyebaran virus corona baru di daerah yang sudah berisiko tinggi atau masuk zona merah.

“Ada masukan untuk mengadakan tes bagi yang akan ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk melakukan pencoblosan pada pilkada mendatang,” ujar Uu, usai rapat koordinasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar, di Markas Polda Jabar, Senin (30/11).

Namun begitu, Uu belum bisa memastikan apakah akan dilakukan tes cepat (rapid test) atau tes usap (swab test) kepada masyarakat yang bakal memberikan suara mereka dalam pesta demokrasi 9 Desember mendatang.

Saat ini, pihaknya masih akan melakukan kajian lebih mendalam terkait wacana tersebut.

“Mudah-mudahan sebelum hari-H sudah ada keputusan apakah yang ingin berangkat ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya akan dites atau tidak. Dan, apakah yang dites yang biasa saja atau yang memiliki risiko tinggi, yakni 40 tahun keatas. Karena berdasarkan pemantauan, yang rentan terkena virus ini berusia diatas 40 tahun,” tandasnya. (nie/*)

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News