Program Kerja DPPKB Karawang Fokus Realisasi Pelayanan KB

PORTALJABAR,- Ketua Bidang Advokasi, Pengelolaan Penduduk, dan Informasi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, Imam Bahanan, mengatakan Dinas PPKB fokus realisasikan program pelayanan KB, Metode Operasi Wanita (MOW) yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Rosella.

Kata dia, program itu dianggarkan dalam APBD Tahun 2021. Tak terkecuali program pembinaan Kampung KB.

"DPPKB di awal bulan Desember akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Karawang agar tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menggunakan mobil unit penerangan (MUPEN) dengan target 4 kecamatan yang akan ditugaskan melakukan kampanye pematuhan protokol kesehatan agar masa pandemi ini segera berakhir," ujar Imam.

Imam mengatakan, DPPKB di masa pandemi dalam merealisasikan kegiatan yang sudah tercapai ialah pada bulan Juli ada program pelayanan 1.000.000 aceptor dari BKBN pusat, DPPKB Karawang mendapatkan 1000 pelayanan aceptor dan berhasil mencapai diangka 108% yang melebihi dari jumlah 1000 pelayanan.

"Pada bulan September pada hari kontrasepsi dunia yang mempunyai target kisaran 3.500 aceptor dan berhasil mencapai lebih dari 3.500 aceptor," katanya.

Meski situasi pandemi, lanjut Imam, yang hampir satu tahun ini dalam merealisasikan program tidak mudah karena rentan akan penyebaran virus Covid-19.

Pihaknya tetap berhasil melebihi targetan dengan menggunakan cara setiap hari mengadakan pelayanan dengan batasan kuota yang kami tentukan. Serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Dalam artian untuk tenaga medisnya harus menggunakan APD dan untuk calon aceptor yang akan kita layani itu terlebih dahulu harus di rapid test dulu yang telah kami sediakan. Kemudian jika ada calon aceptor yang kita layani reaktif virus Covid-19. Maka kita akan mengisolasi di rumah calin aceptor, puskesmas maupun rumah sakit yang telah bekerjasama dengan kami," pungkasnya. (win's)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News