Tips Mengikuti Kontes Ikan Cupang

PORTALJABAR, PURWAKARTA - Selama pandemi Covid-19, Ikan cupang hias menjadi salah satu hobi baru yang digandrungi masyarakat. Bahkan tak sedikit dari ikan cupang tersebut yang diikutsertakan dalam kontes.

Menurut, salah satu orang yang hobi ikan cupang hias asal Purwakarta, Hamada Djauhari, kontes ikan cupang hias dinilai berdasarkan keindahan dan tingkat kesempurnaan cupang itu sendiri.

Oleh sebab itu, sambung dia, para peserta wajib mengetahui standarisasi ikan cupang dalam kontes dari tiap kelasnya.

“Kelas plakat seperti apa, kelas giant seperti apa, kelas halfmoon seperti apa, dan kelas crowntail seperti apa. Contoh kriteria ikan cupang kontes terlihat dari bentuk badan ikan cupang yang menyerupai peluru," ucap Pria yang akrab disapa Mada itu, pada Kamis (3/12/2020).

Selain itu, kata pemilik budidaya Ikan Cupang bernama Gudang Cupang Purwakarta itu, hal penting lainnya yang dinilai dalam kontes adalah tingkat kerapian dari tiap-tiap sirip ikan cupang.

Tak hanya itu, lanjut Mada, masih ada banyak hal lainnya yg harus dipelajari sebelum seseorang mengikuti kontes ikan cupang.

“Kalau kita sudah paham betul dan memiliki kriteria ikan kontes tersebut barulah kita dapat mengikuti kontes ikan cupang hias. Hal yang paling penting kita harus daftar dan bayar uang pendaftarannya,” ucap Mada.

Ditambahkannya, pada pada 6-7 Februari 2021 mendatang, di Kabupaten Purwakarta bakal ada kontes ikan cupang hias level nasional yang bertajuk National Betta Contest di Sadang Terminal Square, Desa Ciwangi, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, gagasan Betta Tunas Purwakarta (BTP).

“Ada sekitar 40 kelas yang dilombakan dalam acara tersebut. Untuk jenis ikan cupang hias yang akan dikonteskan, diantaranya halfmoon, plakat, serit, giant suju, giant Junior, giant all size, baby halfmoon, baby plakat, baby serit, dan new class plakat modern," tutup Mada.

Tags:

Berita Terkait

Related News