Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Gunung Kidul Yogyakarta, Tidak Berpotensi Tsunami

YOGYAKARTA, - Beberapa peristiwa bencana alam saat ini tengah melanda sejumlah daerah di Indonesia memasuki pekan ke-3 awal tahun 2021.

Mulai dari bencana tanah longsor, banjir bandang, guguran abu vulkanik, hingga luapan air laut atau banjir rob menjadi musibah yang sedang dialami.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pun telah menetapkan status tanggap darurat bencana di berbagai wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat menyampaikan imbauan agar masyarakat seluruh Indonesia dapat meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, sesuai prakiraan BMKG memasuki awal tahun 2021 ini Indonesia menghadapi multi risiko baik dari aspek cuaca, iklim, gempa atau tsunami yang semakin meningkat.

Potensi multi risiko tersebut diprediksi akan terjadi di Indonesia hingga bulan Maret 2021 mendatang.

Sementara untuk hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi faktor cuaca seperti banjir, longsor, hingga puting beliung puncaknya terjadi pada bulan Januari hingga Februari.

Dilaporkan, pada Rabu, 20 Januari 2021 dini hari, gempa bumi dengan kekuatan 5,0 magnitudo mengguncang wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dikutip Portal Jabar dari Antara, berdasarkan informasi dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut terjadi sekira pukul 03.10 WIB.

BMKG kemudian menginformasikan bila titik gempa berada di 9.04 lintang selatan (LS) dan 110.51 bujur timur (BT) atau 116 km barat daya Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain itu, BMKG kemudian turut menambahkan informasi bahwa titik gempa (berkekuatan 5,0 magnitudo itu) berada di laut dengan kedalaman 17 kilometer (km).

"Gempa tidak berpotensi tsunami," begitu informasi selanjutnya yang disampaikan BMKG.

Tags:

Berita Terkait

Related News