Cek! Begini Cara Tukar Sampah Jadi Emas Di Kota Bandung

BANDUNG , - Meski belum resmi diluncurkan, program terbaru PD Kebersihan Kota Bandung yakni menabung sampah jadi emas, warga sudah antusias untuk mengikutinya.

Sampai saat ini, Bank Sampah Resik PD Kebersihan Kota Bandung pun terus menyosialisasikan kepada para nasabah. Bahkan Bank Resik telah mengeluarkan 108 keping emas mini untuk para nasabahnya sejak Desember 2020 lalu.

Hal itu pun menjadi indikator yang baik. Itu menunjukan warga semakin bersemangat mendapatkan emas mini dengan nilai 0,025 sampai 1 gram dari hasil menukar sampah yang telah dipilah.

Baca Juga : Disperindag Bandung Barat Ajukan Ribuan Pedagang Untuk Ikut Vaksinasi

Direktur Bank Sampah Resik Marina Puspita mengatakan, program menabung sampah jadi emas ini saat dikenalkan kepada para nasabah. Awalnya banyak yang tidak percaya emas tersebut merupakan emas asli.

"Jadi pas kita sodorin emas itu, banyak yang bertanya ini emas asli atau bukan? Karena ini emas minikan. Kita kampanyenya juga cukup Rp40 ribu bisa dapat emas. Jadi akhirnya banyak juga yang antusias," kata Mariana di Kota Bandung, Jumat (19/2/2021).

Menurutnya, pihaknya mengutamakan para ibu rumah tangga sebagai sasaran. Bank Sampah Resik juga menerima penukaran emas untuk diuangkan atau ditukar ke gram yang lebih tinggi.

"Kalau ada yang punya 0,1 gram 10 keping, bisa juga ditukar dengan 1 gram. Atau mau jual lagi juga bisa kita menerima untuk diuangkan juga," ucapnya.

Marina menjelaskan, untuk menjadi nasabah di Bank Sampah Resik ada dua proses, yakni nasabah individu atau nasabah unit yang mempunyai kepengurusan minimal 10 orang.

"Untuk individu bisa daftar langsung ke sini, bawa satu kilogram sampah sudah bisa menjadi nasabah, tinggal nanti menabung saja. Bisa ikut juga program nabung sampah jadi emas itu," jelasnya.

Baca Juga : Tol Cisumdawu Bakal Dongkrak Perekonomian Jabar

"Kalau yang unit, itu juga kita free pengangkutan sampah kalau di atas 20 kilogram sampai 50 kilogram kita terima," lanjutnya.

Tags:

Berita Terkait

Related News