Pansus IX DPRD Jabar Berharap Kawasan Taman Hutan Raya Jadi Percontohan Di Jabar

PORTALJABAR,- Wakil Ketua Pansus IX Yunandar Eka Perwira mengatakan, Taman Hutan Raya/Tahura merupakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang menjadi percontohan di Jawa Barat.

Keberadaan Tahura juga dinilai dapat memberikan alternatif solusi terhadap pembiayaan terutama anggaran yang selama ini difasilitasi oleh APBD,

Hal tersebut diungkapkan Yunandar dalam gelar Rapat Kerja pembahasan Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 8 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023 Pimpinan dan Anggota Panitia Khusus (Pansus) IX di UPTD Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung, Kamis (25/2).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, hal tersebut didasari karena BLUD memiliki hak untuk mengelola keuangannya sendiri serta tidak tergantung pada APBD.

Yunandar juga mengatakan potensi pariwisata di Tahura sangat berpotensi menjadi destinasi serta ikon pariwisata di Jawa Barat.

"Dengan potensi wisata alamnya Tahura bisa menjawab target destinasi Pariwisata di Indonesia yang bertaraf internasional, syaratnya kawasan Tahura harus dikelola dengan baik," pungkas dia.

Sementara itu Ketua Pansus IX Abdul Harris Bobihoe mengatakan, pengelolaan Tahura ini memerlukan sinergi dari berbagai pihak baik swasta maupun Pemerintah.

Dengan demikian ia berharap kawasan Tahura bisa berkembang dengan baik,

"Dengan keanekaragaman flora dan faunanya kawasan Tahufa berpotensi menjadi tempat pendidikan berbasis alam dan bisa berstandar Internasional," tandasnya. (adv)

Tags:

Berita Terkait

Related News