IHSG Terus Bergerak Menguat, Berikut Sentimennya

PORTALJABAR , - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di zona hijau pada pembukaan perdagangan pagi hari ini. IHSG menguat 0,99% berada di level 6.320.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan, secara teori dari technical hari ini IHSG berpotensi rebound karena adanya sentimen-sentimen positif.

“Hari Kamis terjadi pelemahan yang begitu signifikan gitu di atas 1% gitu bahkan pola yang telah terbentuk adalah long black candles sehingga hari Jumat terjadi pelemahan lanjutan. Tapi kita lihat pelemahan hari Jumat tersebut tidak terlalu signifikan ya hanya 0,50%. Jadi candle stick yang telah terbentuk ialah pola bullish doji kalau saya lihat,” jelasnya dalam Market Opening IDX Channel, Senin (8/3/2021)

Sementara itu, Nafan mengatakan, jika melihat hasil voting yang dilakukan oleh Senat AS bahwa rata-rata menyetujui program stimulus Joe Biden yang sejumlah 1,9 triliun USD, ini juga merupakan katalis positif bagi market secara keseluruhan.

“Kita berharap bahwasanya pada pekan ini menggelontorkan stimulus tersebut saya pikir ini juga dalam rangka memberikan katalis positif bagi market secara keseluruhan karena kalau kita melihat daripada kinerja market di regional ASIA saat ini mayoritas mengalami penguatan. Bahkan kalau kita lihat kenaikan dari US Treasury yield 10 tahun tersebut itu pun tidak berpengaruh ya kalau menurut saya,” kata dia.

Menurut Nafan, kenaikan kinerja market adalah tanda-tanda terjadi euphoria dari adanya stimulus.

“Adanya stimulus, adanya komitmen, misalnya pemerintah terutama dari negara maju dalam menggelontorkan stimulus jumbo itu yang paling penting,” ujarnya. 

Tags:

Berita Terkait

Related News