Bandung Bebas Kebakaran, Kang Awang Gagas Cities Sprinkle

PORTALJABAR,- Anggota DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga, berharap agar Kota Bandung segera bebas dari bahaya kebakaran ata Bandung Zero Fire (Bandung Bebas Kebakaran)

Hal itu disampaikan Ketua Partai NasDem Kota Bandung ini dalam reses yang digelar di RW 09 Kelurahan Bina Harapan, Arcamanik, Senin (22/3).

"Satu potensi bahaya didalam kehidupan masyarakat yang jarang sekali dibahas dalam setiap reses adalah potensi kebakaran. Padahal berdasarkan Data DKPB Kota Bandung Grafik kejadian selama 5 Tahun ini cenderung meningkat," kata Kang Awang.

Terlebih, kata dia, kerapatan bangunan di areal pemukiman Kota Bandung semakin menambah bahaya potensi kebakaran yang ada

Untuk mewujudkan Bandung Zero Fire, Kang Awang menyampaikan perlu adanya upaya penanggulangan kebakaran berbasis RW.

Ia berharap ada Satwankar (Satuan Relawan Kebakaran) di setiap RW yang dapat menjadi bagian yang terintergrasi dalam melaksanakan penanggulanan kebakaran diwilayahnya, karena dalam menangani Kebakaran faktor waktu menjadi sangat crucial,

"Respond time kebakaran adalah 15 menit. Dari beberapa laporan yang saya dapatkan pertumbuhan Api yang sulit dikendalikan ketika berada diatas 10 menit, sehingga 10 menit awal menjadi sangat menentukan. Sehingga perlu adanya upaya lain yang melibatkan Warga setempat dalam penanggulangan kebakaran," tutur Kang Awang.

Dalam kesempatan tersebut,
Kang Awang pun menyerahkan bantuan berupa mesin pemadam kebakaran portable kepada RW 09 Kelurahan Bina Harapan.

Mesin tersebut, kata dia, merupakan gagasan dari Satwankar Kota Bandung.

"Saya melihat mesin ini dapat bekerja sebagai City’s Sprinkle. Layaknya gedung yang memilik sprinkle yang aktif pada saat awal terdeteksinya kebakaran, mesin ini pun akan mempunyai fungsi yang sama apabila ditempatkan di berbagai titik kota bandung dengan cakupan yang luas, dan fleksible karena dapat masuk sampai ke pelosok pelosok gang yang ada di pemukiman padat penduduk, dengan harga yang relatif murah," bebernya.

Kang Awang akan berupaya membawa gagasan ini ke pemerintah kota, agar dapat menjadi Program Kota Bandung, dan ia pun menyampaikan komitmennya untuk memberikan bantuan serupa di RW lainnya di wilayah Bina Harapan.

"Mudah-mudahan Bandung Zero Fire dapat terwujud, dan harapan itu akan dimulai dari RW 09 Kel. Bina Harapan," pungkasnya.

 

Lurah Bina Harapan yang menhadiri acara tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap bantuan Kang Awang serta Gagasan City’s Sprinkle.

Menurutnya, ia akan mencoba membawa gagasa tersebut kepada para RW di Kelurahan Bina Harapan,

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan dari Kang Awang, ini merupakan gagasan yang sangat baik, dan semoga ini dapat menjadi salah satu upaya dalam penanggulanan kebakaran yang ada di wilayah kami," tandasnya. (nie/*)

 

 

 

 

Tags:

Berita Terkait

Related News