Ngiring Bingah Crew; Cara Lain Pemuda Kota Banjar, Tanamkan Embrio Gerakan Sosial Di Masa Pandemi

PORTALJABAR,- Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan komunitas “Ngiring Bingah Crew” yang berkolaborasi bersama salah satu kedai kopi di Kota Banjar “Palm Coffee” menggelar serangkaian kegiatan bertajuk “Gerakan Yang Muda Berbagi” baru-baru ini.

Dalam kegiatan ini dilaksanakan aksi Penggalangan Dana hingga Bakti Sosial Santunan Yatim Piatu, Jompo dan Masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian dari kami sebagai anak muda terhadap situasi dan kondisi sosial masyarakat khusunya di Kota Banjar, terlebih lagi saat ini masih dalam masa pandemi covid-19," ungkap salah seorang penggagas Ngiring Bingah Crew, Ronald, saat ditemui di sela kegiatan di Palm Coffee Kota Banjar, Selasa (30/3)

Ia menambahkan, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meluruskan pandangan negatif di masyarakat terhadap perilaku anak muda dalam lingkungan sosial.

"Tidak selamanya dan tidak semua anak muda hanya memikirkan kesenangan saja namun banyak juga memiliki rasa peduli terhadap sesama," tegas dia.

Onel sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa dirinya bersama kawan-kawan yang lain merasa prihatin atas kondisi masyarakat terutama di masa pandemi.

Seperti terbatasnya ruang aktivitas masyarakat di segala sektor yang kemudian berpengaruh sangat besar terhadap kondisi sosial maupun ekonomi masyarakat.

“Ngiring Bingah Crew pada dasarnya berawal dari obrolan warung kopi biasa, dengan melihat kejenuhan-kejenuhan yang nampak disekitar masyarakat pada masa pandemi seperti ini sehingga tercetus gagasan untuk membuat sebuah kegiatan dalam meningkatkan produktifitas khususnya anak muda. Dari sanalah kita sepakat bersama-sama untuk bergerak membangun sebuah gerakan dan membuat kegiatan sosial untuk masyarakat," ujar Onel.

Disamping kegiatan sosial yang dilakukan, pihaknya kata Onel, juga berupaya untuk turut serta mengangkat dan mempromosikan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah yang ada di Kota Banjar.

Terutama yang banyak diminati oleh anak muda seperti kedai kopi serta usaha lainnya yang kental dan identik dengan tongkrongan anak muda.

“Kami berupaya agar pemuda juga produktif dalam segala hal, salah satunya dalam peningkatan UMKM yang mana kegiatan sosial kali ini berkolaborasi dengan salah satu kedai kopi milik anak muda kota banjar. Dengan semangat bersama tentu hal apapun akan lebih ringan untk dilaksanakan. Simplenya Kawan Bantu Kawan, atau Rakyat Bantu Rakyat," tuturnya.

Sementara penanggung jawab Palm Coffee, Iksan menyampaikan hal serupa dan merasa sangat bangga juga terbantu atas adanya kegiatan seperti ini.

“Pandemi yang melanda jelas sangat berpengaruh terhadap usaha-usaha seperti kami, dengan adanya kegiatan seperti ini tentu membuka harapan baru di era new normal agar UMKM tetap bertahan, dan terpenting kami anak muda merasa bangga bisa hadir di tengah masyarakat dengan saling berbagi dan membantu sesama,"tutur Iksan.

Iksan juga menambahkan bahwa dari hasil penjualan Kopi yang didapat sebesar 15-20 persen disumbangkan melalui penggalangan dana yang diselenggarakan Ngiring Bingah Crew yang selanjutnya disalurkan kepada yatim piatu, jompo, dan masyarakat yang membutuhkan lainnya.

Koordinator Acara Gerakan Yang Muda Berbagi Ngiring Bingah Crew X Palm Coffee, Irwan Herwanto dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang diselenggarakan tersebut berjalan atas dasar kolektivitas bersama khususnya kawan-kawan Ngiring Bingah Crew, beberapa kelompok pemuda, serta elemen masyarakat lainnya dengan bermodalkan semangat dan keyakinan serta kepedulian terhadap sesama.

“Sudah sangat jelas bahwa menebar kebaikan merupakan kewajiban bagi setiap manusia dan tentunya perlu dipelihara sejak sedini mungkin hingga tua renta. Dengan kebaikan, manusia bisa saling berbagi kebahagiaan dan memberi banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.” Terang Irwan

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa kegiatan bermula pada tanggal 6 Maret 2021 diawali dengan Penggalangan Dana yang dibalut konsep Musikalisasi dan Ngopi Sambil Beramal di Kedai Palm Coffee Jalan Banjar Sidaharja No.1086 Cogreg Kota Banjar.

Kemudian berlanjut menggelar beberapa kali pentas musik jalanan di sekitaran area Water Park Kota Banjar setiap hari Minggu pagi.

Dan sebagai puncak kegiatan sosial yang pertama pada tanggal 27 Maret 2021 yakni Gerakan Yang Muda Berbagi, Bakti Sosial Santutan Yatim Piatu digelar ditempat yang sama di Palm Coffee Kota Banjar.

“Alhamdulillah dari donasi yang terkumpul, baik berupa uang tunai, sembako, pakaian bekas layak pakai, masker dan hand sanitizer, hari ini kami telah menyerahkan santunan tersebut secara simbolik yakni uang tunai kepada yatim piatu, paket sembako kepada jompo, pakaian bekas layak pakai kepada anak jalanan dan juga Pasar Gratis Cisaga, serta masker dan hand sanitizer kepada masyarakat sekitar serta pengunjung yang hadir dalam setiap kegiatan," kata Irwan.

Irwan juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.

Ia berharap semoga apa yang diberikan menjadi pahala kebaikan yang dapat menolong kita semua dikemudian hari.

“Tentunya kami sangat berterima kasih pada siapapun yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Kedepannya kegiatan-kegiatan ini direncanakan akan terus berlanjut dan kami tetap mengharapkan dukungan baik secara moril maupun materil dari semua pihak atas gerakan-gerakan sosial yang dilakukan oleh anak muda dalam membangun kemajuan bersama serta meningkatkan produktifitas kehidupan di masa pandemi seperti ini," pungkasnya.

Diketahui kegiatan tersebut dimeriahkan oleh musisi-musisi serta band-band lokal Kota Banjar yakni salah satunya Band Fenomenal yang bergendre Reggae, Rens Rambo Kids.

Serta musisi dan band lainnya yakni Reaksi Kimia, Poison Skin, The Claw, E-Project, Simpay Wargi, The Mmusi, dan Ngiring Bingah Band. Dan didukung oleh Silogisme Coffee dan Happen Coffee & Kitchen.

Kegiatan ini dilakukan dengan tetap mengutamakan protokol Kesehatan secara ketat. (yos)

 

Tags:

Berita Terkait

Related News