Tim Gabungan Razia Rutan Perempuan, Ada Gunting Kuku Hingga Parfum

PORTALJABAR,- Petugas gabungan dari Kanwil Kemenkum HAM Jabar menggelar razia rutin di Rutan Perempuan Bandung di Jalan Raden Roesbandi, Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung, Selasa (6/4) malam.

Sejumlah petugas dari Kemenkum HAM, BNN Kota Bandung hingga TNI dan Polri mendatangi setiap kamar di gedung tahanan yang terdiri dari dua lantai untuk mencari barang-barang terlarang seperti narkoba.

"Pada razia gabungan kali ini memang kami tidak menemukan barang-barang mencurigakan," ucap Kepala Rutan Perempuan Bandung, Moneka Mayamurti.

Dari hasil razia, kata Moneka, petugas mengaku hanya menemukan parfum, gunting kuku, pisau kecil atau cutter, jepit rambut hingga korek api.

Ia bersyukur karena dengan minimnya temuan, maka upaya Rutan melakukan pencegahan masuknya barang berbahaya terbilang berhasil.

Moneta menegaskan, razia juga dilakukan untuk mengantisipasi aktifitas seksual menyimpang seperti lesbian.

"Di rutan kami juga rutin menggelar kegiatan keagamaan untuk mencegah prilaku menyimpang," tuturnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mewajibkan setiap tahanan perempuan memanjangkan rambutnya.

"Kami wajibkan tahanan agar berambut panjang, tidak berambut pendek. Lalu tidak boleh pakai baju yang ketat dan pendek. Dan selama di dalam rutan, untuk yang muslim juga berpakaian hijab," tandasnya. (nie/*)

Tags:

Berita Terkait

Related News