Pakar Keuangan: Jangan Habiskan THR

PORTALJABAR, - Mike Sutikno, perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi menyarankan kepada masyarakat supaya tidak menghabiskan uang THR untuk berfoya-foya belaka. Hal itu disampaikan Mike dalam webinar Cerdas Mengelola THR, Rabu, 21 April 2021.

Dalam webinar yang diselenggarakan Kemenkominfo bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional tersebut, Mike mengimbau supaya uang THR digunakan untuk memenuhi kebutuhan prioritas, bukan keinginan semata.

"Belanja baju karena banyak diskon, belanja kue, dan sebagainya karena keinginan. Ingat, gunakan uang THR untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan karena kalau mengikuti keinginan, pasti THR habis, pasti defisit," ucap dia.

Menurut Mike, cara untuk mengelola uang THR supaya tidak defisit adalah dengan mengatur daftar prioritas kebutuhan. Untuk prioritas awal, uang dapat disimpan untuk investasi jangka panjang atau disimpan untuk dana darurat.

"Sisihkan dana THR untuk prioritas keuangan seperti menabung dana darurat, investasi jangka panjang. Kalau target untk prioritas keuangan ini belum terpenuhi, boleh dong untuk mengambil dari THR, bisa 10 sampai 30%," ucap Mike.

Di masa pandemi, pengelolaan uang THR menjadi suatu hal yang lebih penting. Mike menyarankan untuk memprioritaskan kebutuhan rumah tangga juga di samping investasi dan dana darurat.

Selain itu, alokasi untuk dana darurat pun sebaiknya diperbesar untuk berjaga-jaga seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan mengingat momen pandemi ini menghadirkan masa-masa yang tak tentu.

"Makanya dana darurat ini perlu. Kemudian gunakan dana tambahan ini untuk sesuatu yang memang harus dibayar atau dibeli. Jangan gunakan dana THR untuk membeli seuatu yang bersifat konsumtif," ujar Mike.

Kue dan pakaian baru seringkali menjadi sasaran para penerima THR di momen Idulfitri. Mike pun menyarankan kepada khalayak luas agar tidak terlalu tergiur oleh dua produk andalan Idulfitri yang kerap menjadi penyebab habisnya uang THR.

Selain itu, THR pun sebaiknya digunakan untuk berzakat dan membantu sesama di masa-masa pandemi. 

Tags:

Berita Terkait

Related News