Diduga Pungli Program PIP, Kepsek Dan Operator SDN Labanjaya 4 Berdalih Sukarela

PORTALJABAR - Dikeluhkan orang tua wali Murid Penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang hanya menerima sebesar Rp 170.000 (kelas 1 dan kelas 6) dan sebesar Rp 350.000 (Kelas 2 - 5). Kepala Sekolah Dan Operator SDN Labanjaya 4 Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang berdalih sukarela.

Diketahui, besaran nilai bantuan Progaram PIP untuk Sekolah Dasar (SD) yakni Rp 450.000. Dan Siswa/siswi SDN Labanjaya 4 yang mendapatkan bantuan PIP sebanyak 86 murid. Pengambilan  bantuan di Bank di kolektif oleh pihak sekolah.

"Kaitan masalah bantuan PIP bukannya dipotong, tapi penerima bantuan memberikan tanda terimakasih kepada sekolah. Mereka memberikan secara sukarela dan nominal yang diberikannya juga tidak sama," singkat Umardani, selaku Kepala SDN Labanjaya 4 pada portaljabar.net saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (28/4).

Sementara, Guru yang sekaligus Operator SDN Labanjaya 4, Ajay menjelaskan, sebelum PIP di sampaikan ke siswa melalui orangtua wali murid, sebelumnya dimusyawarahkan dengan wali murid. Atas dasar sukarela orangtua wali murid sebagai pengganti akomodasi selama proses pencairan semua bukti.

"Untuk kelas 1 dan kelas 6 nominalnya 225.000 disimpan di rekening 25.000, yang diambil di bank 200.000. kelas 2 sampai kelas 5 nominal 450.000 disimpan direk 50.000 yang bisa diambil 400.000," ujarnya.

Menurutnya, orangtua wali murid memberikan uang lelah sebagai pengganti akimodasi berupa foto kopi, pengganti materai dll sebagai syarat pencairan secara kolektif. Kami menyimpan dokumentasi berupa serah Terima sesuai dengan yang diterima oleh wali murid dan ditanda tangani.

"Untuk sementara Buku tabungan dan kartunnya dipegang oleh sekolah untuk dicek secara berkala," jelasnya. (wins)

Tags:

Berita Terkait

Related News