Capai Prestasi Baru, Siswi MAN 4 Karawang Meraih Juara 2 Menulis Tingkat Nasional

PORTALJABAR - Dalam menghadapi situasi yang sangat sulit, terkadang momen tersebut menjadi waktu yang tepat dalam menghasilkan banyak ide baru dan kreatif, serta membuat kita menjadi tertantang dengan berbagai macam cara untuk bisa melewatinya dengan baik. Seperti yang dilakukan oleh salah satu siswa MAN 4 Karawang ini, Nurlaela kelas XI IPA 1 dapat beradaptasi dengan resiliensi diri yang cukup baik selama melewati masa sulit selama covid-19. Alih-alih mengeluh, justru produktivitas dirinya semakin meningkat karena terdapat banyak waktu yang dapat ia manfaatkan untuk mengaktualisasikan dirinya dengan hobinya menulis cerita fiktif.

Seperti yang telah diberitakan pada bulan Februari lalu, Nurlaela yang baru aktif menggunakan paltform Wattpad sebagai media untuk mempublikasikan hasil karyanya, kemudian mengikutsertakan salah satu judul ceritanya yaitu "Preman Sekolah Punya Target" yang diunggah sejak 17 Februari 2021 telah mencapai 24.000 pembaca. Cerita tersebut telah mencapai puncak akhir cerita dalam waktu yang sangat singkat yaitu pada 10 Maret 2021. Hal tersebut menunjukkan kegigihan Nurlaela dalam menjalankan hobinya dalam menulis. Selain karya tersebut, masih terdapat beberapa judul yang ia garap juga.

Selama penggarapan, rupanya cerita "Preman Sekolah Punya Target" tersebut mendapat perhatian dari pihak penerbit Nezha Publisher hingga Nurlaela terpilih menjadi Juara 2 dalam Writing Marathon. Writing Marathon ini merupakan lomba yang diikuti banyak penulis melalui Wattpad berdasarkan intensitas unggah, ketertarikan cerita, serta konsistensi menulis. Hal ini merupakan awal yang sangat baik bagi Nurlaela, sehingga ia lebih semangat untuk menulis cerita.

"Dalam sehari paling kalo emang niat banget dan juga ide lancar, biasanya aku selesai nulis selama 4-5 jam, itu pun diselingi istirahat sebentar gitu. Kalau rutin bisa 1-2 chapter sehari untuk dua cerita." tutur Nurlaela kepada Nida Sofiatul Mardiah Duta Baca Jawa Barat yang merupakan alumni MAN 4 Karawang tahun angkatan 2019.

Selain menulis, ia pun aktif menjadi admin sosial media Forum Sahabat Pena Imajinasi (SPI). Posisi tersebut ia dapatkan setelah satu tahun mengikuti kelas kepenulisan secara daring hingga membuatnya semakin berkembang dalam dunia kepenulisan.

"Saya bersyukur dan bangga karena siswa MAN 4 Karawang terus mengeksplorasi potensinya dan mencapai banyak prestasi baru yang luar biasa. Terutama, Nurlaela ini merupakan salah satu penerima Beasiswa Karawang Cerdas, membuktikan bahwa ia layak menerima penghargaan karena semangat untuk terus mengeksplorasi kemampuannya." tutur H. Muhamim Sarifulloh, M.MPd. (nidasm)

Tags:

Berita Terkait

Related News