Dishub Pasang ITS Pantau Kemacetan

CIKARANG PUSAT- Dalam rangka mengurai kemacetan di sejumlah titik jalan Kabupaten Bekasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi akan memasang intelejen trafic sistem (tecnology perhubungan) yang akan di persiapkan tahun ini sehingga nantinya pemantauan lalu lintas bisa dilakukan dari dalam kantor.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup mengatakan bahwa Intelejen Trafic System (ITS), akan mengatur arus lalu lintas jika terjadi kemacetan dan lampu akan memberikan tanda trafic yang cukup lama. Selain itu petugas juga akaan ditempatkan dilokasi rawan macet.

"Adanya ITS pemantauan kemacetan lalu lintas bisa dilakukan di kantor tanpa turun ke lapangan. Namun, Dishub tetap akan menerjunkan personel di tengah keramaian jalan untuk membantu penguraian lalin,"imbuhnya.

Adanya sistem ITS, menurut dia, pemantauan lalu lintas di sejumlah persimpangan jalan nanti bisa di lihat langsung dari layar monitor yang terpasang di Kantor Dishub. Pusat pengendalian ITS berada di Kantor Dinas Perhubungan .

“Bukan berarti dengan adanya sistem tersebut aparat dari Dishub tidak di terjunkan. Aparat untuk pengurai kemacetan tetap akan di terjunkan di lokasi yang dianggap rawan dengan kemacetan,”tambahnya.

Disampaikannya Tahun 2016 penggadaan peralatan ITS akan dilakukan Dishubdan pada Tahun 2017 rencananya akan dipasang . Jika pemasangan alat ITS sudah selesai dengan tepat waktu maka konektivitas lalu lintas di Kabupaten Bekasi akan mudah terpadu dengan jaringan Jabodetabek yang namanya Area Trafic Control (ATC).

"Penggadaan ITS tahun ini akan dilakukan, jika tanpa hambataan maka Tahun 2017 pemasangan bisa dilakukan secepatnya semua kembali pada anggaran saja,"pungkasnya.(her)

Tags:

Berita Terkait

Related News