100 pejuang ISIS menyerah di Raqa

SURIAH-Puluhan anggota ISIS Suriah menyerah semalam ke Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS Syrian Democratic Forces (SDF) mereka berjuang untuk mengendalikan Observatorium Raqa untuk Hak Asasi Manusia, sekitar 200 pejuang telah meninggalkan Raqa bersama keluarga mereka, untuk tujuan yang tidak diketahui. Ratusan warga sipil berhasil melarikan diri dari kota yang dilanda pertempuran tersebut, yang pernah menjadi ibukota de facto di Suriah dari kelompok jihad. Mereka yang menyerah adalah penduduk lokal, menurut seorang pejabat Raqa. 150 jihadis asing tetap berada di kota dan negosiasi nasib mereka masih berlangsung.

"Dalam 24 jam terakhir, sekitar 100 teroris ISIS telah menyerah di Raqa, dan dipindahkan dari kota," kata koalisi tersebut dalam sebuah pernyataan email kepada AFP.

"Pejuang asing tidak diijinkan meninggalkan Raqa," katanya.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan bahwa semua jihadis ISIS Suriah yang berjumlah sekitar 200 pejuang telah meninggalkan bekas benteng mereka bersama keluarga mereka.

"Semua pejuang Suriah dari kelompok negara Islam meninggalkan Raqa dalam lima hari terakhir," kata Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman, mengatakan bahwa mereka menuju ke tujuan yang tidak diketahui.

Seorang pejabat Raqa mengatakan kepada AFP bahwa anggota ISIS Suriah telah menyerah semalam ke Pasukan Demokratik Suriah yang didukung AS (SDF) yang berjuang untuk menguasai kota tersebut, tanpa menentukan berapa jumlahnya.

Tags:

Berita Terkait

Related News