Polisi Beberkan Lima Fakta Soal Temuan Jasad Bayi di Toilet SPBU

KARAWANG- Kepolisian Sektor Karawang Kota menyatakan belum menemukan unsur pidana soal tewasnya 'bayi merah' yang ditemukan tenggelam di toilet SPBU, Jalan Pangkal Perjuangan, Sabtu (30/12/2017) lalu.


"Acuan kami baru dari hasil autopsi, keterangan lima saksi, dan olah TKP," kata Panit Reskrim Polsek Karawang Kota, Iptu Yoga Prayoga, Senin (1/1/2017).


Yoga membeberkan, sejumlah fakta didapatnya dari hasil autopsi dokter forensik RSUD Karawang. Pertama, kata dia, jenis kelamin bayi malang itu dipastikan berkelamin perempuan. Kedua usia bayi didapati sudah cukup bulan untuk lahiran.  "Usia kandunganya sudah 9 bulan dan sudah waktunya lahir," ucap Yoga. Sebelumnya disebut pelaku  kandungan baru 7- 8 bulan.

Ketiga, lanjut Yoga, berat badan bayi 2,5 kilogram dan panjangnya 49 sentimeter. Bayi diketahui lahir dalam keadaan hidup dan hal itu diketahui tim forensik adanya apus paru yang mengembang. "Artinya ada udara yang sempat masuk ke paru bayi, tandanya sempat bernafas," imbuh Yoga.


Fakta kelima,  kematian bayi dipastikan akibat kehabisan nafas karena ditemukan air di tenggorokannya, dan di dalam paru. "Sesuai dengan temuan awal bayi tenggelam di bak mandi," katanya.

(Baca : Nahas, Sesosok Bayi Tewas di Bak Mandi Toilet SPBU)


Pihak Forensik melaporkan  ada luka memar di bagian kepala bayi. Diperkirakan, pernah terjadi benturan dengan benda keras. "Diduga karena terbentur kloset saat pertama brojol. Karena berdasarkan keterangan saksi pelaku lahiran saat jongkok di kloset, dan hasil olah tkp ada bercak darah disana," paparnya.


Jadi, lanjut Yoga, mengacu  hasil autopsi itu, ditambah keterangan lima saksi termasuk pelaku ( ibu bayi), dan hasil olah TKP, sejauh ini pihaknya tidak menemukan unsur tindak pidana berupa kesengajaan menghilangkan nyawa seseorang atau pembunuhan.


"Sementara ini semua dugaan-dugaan ke arah sana terpatahkan, keterangan saksi juga sinkron satu sama lain. Jadi kami tidak punya alasan untuk melakukan penahanan," ungkap Yoga.


Sebelumnya, warga dikejutkan dengan temuan sesosok mayat 'bayi merah' di toilet Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) 34-41344 jalan Pangkal Perjuangan, Kelurahan Karangpawitan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (20/12/2107). Bayi tak berdosa itu ditemukan tak bernyawa oleh petugas SPBU dalam kondisi tenggelam di dalam bak mandi. (tar)

 

Baca Juga :

Innalilahi, Liburan Akhir Tahun Seorang Bocah Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Tags:

Berita Terkait

Related News