Haeruman Sumringah Terima Kursi Roda, Kini Ia Tak Perlu Jalan Merangkak Lagi

PORTALJABAR.NET- Sebagai bentuk layanan program kesehatan dari Pemerintah Desa Cibulan, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, adalah memperhatikan kaum disabilitas atau penyandang cacat fisik. Salah satunya adalah Haeruman (22), warga Dusun Manis, RT. 01 / RW. 05, yang mendapatkan bantuan berupa kursi roda.

Kini, Haeruman tak perlu lagi berjalan merangkak. Dan, keluarganya sangat berterima-kasih kepada Pemerintahan Desa Cibulan, berkat bantuan yang diberikan.

Senin (19/02/2018), ditemui portaljabar.net di kediamannya, Wasjan (45) ayahnya Haeruman, dan Marida (45) ibunya Haeruman, ditemani kedua neneknya, serta adik Haeruman. Menceritakan, kalau Heru panggilan sayang kedua orangtuanya, menderita cacat fisik semenjak lahir. Organ tubuh Heru pada bagian kaki dan tangan tidak seperti anak lainnya, hingga kesulitan untuk bisa berdiri dan berjalan. Serta, Heru gagu dalam berbicara hingga susah dalam berkomunikasi dengan orang yang baru dijumpainya.

“Sewaktu dilahirkan, Heru didera demam tinggi sangat panas sekali hingga tubuhnya kejang-kejang. Dan, dalam masa pertumbuhannya tidak normal seperti anak yang lainnya," ungkap kedua orangtua Heru.

Kepala Desa Cibulan, Iwan Gunawan mengemukakan bahwa alat bantu difabel itu merupakan layanan kesehatan bagi penyandang cacat. Disamping itu, diberikan juga Kartu Sehat yang bisa digunakan untuk berobat sampai puskesmas tingkat kecamatan Cidahu secara gratis, serta Kartu Jamkesmas. Dan, untuk pengadaannya bersumber dari Dana Desa.

Dituturkannya, kalau Heru sudah selayaknya mendapatkan bantuan kursi roda. Dari dahulu orangtuanya, ayahnya yang hanya bekerja sebagai buruh tani dan ibunya hanya jualan makanan di rumahnya, ingin membelikan kursi roda. Namun, mungkin dikarenakan penghasilannya belum cukup, maka pemerintahan desa harus memprioritaskan membantu warganya yang benar-benar membutuhkan.

“Sesuai dengan Permendesa No. 19 tahun 2017, dana desa harus digunakan untuk hal sosial dasar. Sudah seharusnya, pemerintah desa tidak hanya mengedepankan pembangunan infrastruktur. Tapi, bila ada masyarakat yang kurang mampu, kita harus bantu mensejahterakannya," ucap Iwan.

Lebih lanjut diharapkannya, kaum disabilitas atau tanpa daksa tidak boleh berkecil hati dan merasa kekurangan. Sebab, sudah banyak dari mereka mampu bersaing dan meraih kesuksesan. Hal itu juga, disebutkan Iwan sebagai perwujudan visi Desa Cibulan Bersinar. Yaitu, Bersih, Sehat, Indah, Agamis, dan Raharja.

 

“Kita semua sama, tidak ada yang istimewa. Asalkan punya keinginan dan kemauan untuk maju, pasti bisa. Saya yakin, penyandang disabilitas ini bisa berbuat banyak untuk membangun negeri. Serta, tetap bisa menjadi kebanggaan kedua orangtuanya," kata Kades Cibulan. (erx)

 

BACA JUGA :

PEMDES CIBULAN LANTIK PERANGKAT DESA DAN PERKENALKAN PTSP


 

Tags:

Berita Terkait

Related News