Mengenal Lebih Dekat Bah Gembul Seniman Asli Karawang yang Konsisten Melestarikan Budaya Sunda

KARAWANG- Siapa yang tidak kenal dengan Bah Gembul, seniman senior aal Karawang yang sudah melanglangbuana di tanah pasundan dengan lawakannya yang membuat orang tertawa terpingkal-pingkal,

Jurnalis Portaljabar.net, Yopie Iskandar berkesempatan mewawancarai seniman ini secara khusus di kediamannya, Kamis (15/3/2018.

Pelestari Budaya Sunda ini tetap bertahan untuk tetap melestarikan budaya yang telah mengangkat namanya sehingga dikenal jagat luas. Salah satunya dengan mendirikan kelompok Calung Gembul CS yang bermarkas di Dusun Cirejag 1, No 48, RT 04/03, Desa Cibalongsari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Kini ia terus melatih para generasi muda untuk tetap bisa bertahan dalam melestarikan seni calung di bumi pasundan.

Bah Gembul mengatakan, saat ini seni calung mulai berkembang, dan digandrungi kaula muda. Bahkan, kata dia, banyak grup calung baru bermunculan.

Bah Gembul menjelaskan, Calung Gembul CS sendiri, bisa dikatakan dan masih sedang merintis. Sehingga kata dia, belum bisa dipentaskan masih belajar untuk anak mudanya.

"Sejak tahun 2000 berdirinya atau terbentuknya Calung Gembul CS. Yang jelas seni calung sangat pas untuk Gembul CS, jumlah personil di Gembul CS sekitar 20 orang," ungkapnya.

Calung Gembul CS pernah jadi juara pada tahun 2011 yang saat itu diselenggarakan oleh Disbudpar Karawang, tempatnya di GOR Panatayudha.

Dia berharap, calung semakin berkembang dan para generasi muda juga mengikuti orang tua, supaya kesenian calung tetap eksis di tengah masyarakat dan tidak tersingkirkan oleh budaya luar.

"Dan semoga pemerintahpun memperhatikan dan peduli akan pelestarian budaya sunda ini," tandasnya. (Yop)

 

BACA JUGA :

MENGENAL LEBIH AKRAB DEWI SARTIKA, MOJANG CANTIK ASLI KARAWANG YANG JAGO BANGET NARI JAIPONG



Tags:

Berita Terkait

Related News